Kisah Perjalananku Belajar Sistem Informasi Akuntansi Selama Satu Semester

Assalamualaikum wr.wb

Halo temen-temen semua yang baca blog ini hehe kenalin aku Putri Amelia Irmadhani biasanya orang-orang manggil aku Amel atau yaya (iyaaaa tau pasaran banget emang yang namanya Amel haha-_-), jadi disini aku ada tugas dari dosen aku buat bikin kisah perjalanan aku selama satu semester belajar Sistem Informasi Akuntansi kalau singkatan kerennya SIA. Jujur sebenernya bingung mau nulis apa wkwkwk, oiya lupa! aku sekarang mengenyam pendidikan di bangku kuliah temen-temen, di UPN VETERAN YOGYAKARTA, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program studi Akuntansi, and sekarang aku lagi di penghujung semester 3 niii temen-temen..Buat kalian yang juga lagi kuliah atau yang sedang berjuang mati-matian nyusun skripsi, semangat ya untuk kita semua semoga lancar kuliahnya sampai lulus!. Aamiin.........  
Langsung aja deh yaaa...
Jadi di mata kuliah sistem informasi akuntansi ini kalau dibilang susah sih engga juga ya temen-temen, kalau dibilang gampang juga gak gampang... gimana dong:( .Yang pasti belajar SIA disemester ini Alhamdulillah aku enjoy jalaninnya walaupun dikejar deadline tugas tiap minggunya...haha but it’s fun temen-temen, karena tugasnya gak yang bikin bosen gitu, Terkadang Ibu Dian yang mengampu matkul SIA di kelas aku menugaskan kita untuk membuat Video atau bikin flowchart yang menurut aku itu seru sihh..., dan aku merasa beruntung bisa dapet kelas SIA yang diampu oleh beliau, karena aku sering kali medengar keluh kesah teman-teman aku yang beda kelas dan diajar oleh dosen lain.

Oiya ada satu kalimat yang beliau ucapkan ketika mengajar dikelas dan sampai saat ini masih aku ingat. Beliau mengatakan “Kenapa sih kalian mendewakan nilai ‘A’?, kenapa kalian gak fokus sama proses, bukankah nilai ‘A’ berarti tanggung jawab kalian besar?, mungkin kalian beruntung ketika dosen dengan mudah memberikan kalian nilai ‘A’ , tapi apakah nilai ‘A’ tersebut bisa kalian pertanggung jawabkan sesuai kemampuan kalian dalam memahami mata kuliah ini? “ kurang lebih seperti itulah kalimat yang beliau ucapkan, dan dari kalimat tersebut aku langsung terdiam dan berfikir... Kenapa gak terfikirkan olehku hal tersebut sebelumnya? selama ini aku selalu mengharapkan aku mendapatkan nilai A bukan mengharapkan aku bisa menguasai mata kuliah tersebut. Dan dari situ aku mulai belajar untuk memaknai betapa pentingnya proses ketimbang hasil. Kalaupun nanti hasilnya baik itu bonus karena aku menjalani proses dengan baik dari awal sampai akhir, dan kalau hasilnya buruk itu artinya aku tidak bersungguh-sungguh dalam berproses di mata kuliah ini. Sungguh aku berterimakasih kepada Ibu Dian karena telah mengingatkan aku perihal penting seperti ini yang gakpernah terfikirkan olehku sebelumnya..., Terimakasih sekali lagi Bu Dian.

Okey kita balik lagi ke tugas ya temen-temen..., Ibu Dian juga menggunakan media Google Classroom sebagai pendukung kegiatan belajar mengajar mata kuliah SIA ini, dan sudah pasti selalu ada tugas setiap minggunya, kalau tidak ada tugas itu artinya esoknya Kuis hehe, Menurutku semua dosen atau bahkan guru sekalipun harus sudah mulai menggunakan media lain selain buku, secara sekarang kan  Revolusi Industri 4.0 , setiap pelaku pendidikan dituntut mampu menguasainya baik tenaga pendidik maupun kita sebagai murid atau mahasiswa. Dan menurut saya google classroom ini sangat membantu,misalnya ketika dosen berhalangan hadir kita masih bisa melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, jadi tidak semata-mata kosong begitu saja. Disamping itu kita juga dituntut untuk disiplin karena setiap tugas pasti ada batas waktu pengumpulannya, dan materi pasti di share oleh Ibu Dian jadi kita juga punya pegangan selain text book.

Mengenai tugas, Ibu Dian sering memberikan tugas kelompok ketimbang Individu dan beberapa diantaranya kita disuruh membuat video, dan menurutku itu hal yang menarik , karena kita ditantang untuk bisa memahami permasalahan dan kita deskripsikan dalam bentuk video. Selama satu semester Ibu Dian pernah menugaskan kita dua kali untuk membuat video. Yang pertama Video tentang Revolusi Industri, dan yang kedua video mengenai kritik dan saran terhadap sistem informasi. Menariknya karena tugas video ini aku keluar dari zona nyamanku haha (punten..mohon maap anak rumahan). Mau gak mau aku harus keluar rumah, meluangkan waktu untuk mengerjakan tugas membuat video ini. Jujur selama 18 tahun hidup di jogja belum pernah yang namanya jalan-jalan, atau sekedar nongkrong di jalan malioboro (kebetulan tugas kita mengambil lokasi di malioboro) dan berkat tugas video ini aku merasakan bagaimana panas matahari masuk ke kulit ketika matahari tepat diatas kepala sembari menikmati perjalananku menyusuri jalan malioboro untuk membuat tugas ini (asyiaapp apaan sih sok puitis wkwk) aku merasa malu dengan bapak-bapak tukang becak atau bapak pengemudi andong yang masih semangat membawa penumpangnya menikmati kota jogja demi mencari nafkah walau kulitnya semakin gelap karena teriknya matahari. Salut sama mereka... kita yang masih muda jangan kalah sama mereka teman-teman, jangan biarkan rasa malas kita terus menerus menghantui kitaa, cobalah lebih produktif tiap harinya :)
Dan itulah beberapa pengalaman menarik saya dalam mengerjakan tugas video ini, kalau teman-teman penasaran ingin melihat hasil tugas video kami berikut akan saya lampirkan atau bisa mampir ke chanel youtube kami ismi alifah atau putri irmadhani.Tapi mohon maaf ya teman-teman hasilnya tidak memuaskan karena kita cuma pakai kamera hp biasa, dan kemampuan editing yang pas-pas an (low budget banget lah pokoknya hehe)

(nah yang ini tugas video mengenai revolusi industri di bidang pendidikan teman-teman, btw disini kita melibatkan adik-adik kita juga buat bikin video ini hehe)

(kalau yang ini tugas video mengenai kritik dan saran kami terhadap fasilitas umum di Jogja teman-teman khususnya malioboro) Semoga dari kedua video tersebut teman-teman bisa menerima informasi yang kita sampaikan, terima kasih:)

Nah selain tugas Video, Ibu Dian juga sering menugaskan kita untuk membuat Flowchart, PPT dan kemudian dipresentasikan di depan kelas. Nah dalam mengerjakan flowchart ini perjuangannya luar biasa teman-teman karena revisi terus haha udah kayak mau bimbingan skripsi lah pokoknya direvisi terus, tapi ya lagi-lagi dari revisi kia jadi tau kan yang bener seperti apa, coba kalau gak direvisi pasti kita sudah terjebak dalam kesalahan kan:) hiyaaa, Apalagi yaaa... segitu aja deh temen-temen, bisa terbayang kan buat dapet nilai bagus di kelas Ibu Dian itu agak sulit. Harus bersungguh-sungguh memang....tapi sekali lagi terima kasih Ibu Dian atas ilmunya selama satu semester ini, semoga bisa bertemu di kelas Ibu Dian yang lain di semester berikutnya. Itulah Kisah perjalanan saya belajar Sistem Informasi Akuntansi selama satu semester di kelas ini..
Terima kasih sudah membaca blog ini, mohon maaf bila ada salah kata

Wassalamualaikum Wr. Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini